Jumat, 29 Mei 2009

DAMPAK DAN KONSEKUENSI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI

Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah Teknologi dan Informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima Agar lebih mudah memahaminya kita lihat perkembangan teknologi informasi. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa.Maka bahasa adalah teknologi.Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja,yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya.Setelah ucapan itu selesai maka informasi berada ditangan si penerima.Selain itu jangkauan suara juga terbatas.Sampai jarak tertentu meskipun masih terdengar informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh.Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain.Selain itu informasi yang ada bertahan lebih lama.Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.Adanya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari yang sebelumnya satu gambar mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau penulisan angka yang tadinya MCMXLIII diganti dengan 1943.Teknologi ini memudahkan penulisan informasi.
Teknologi percetakan memungkinkan pembuatan pintu informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer bahkan membuat informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Dampak Perkembangan Teknologi
Sedangkan Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global).Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency).ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan.Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.
Tetapi perlu diingat segala sesuatu yang muncul tidak hanya memberikan dampak positif saja.Ada dampak negative dan konsekuensi-konsekuensi yang mau gak harus kita temui dimana kita rasakan.Perubahan-perubahan akan muncul di sini, baik perubahan yang positif maupun perubahan yang sifatnya negative.Bagaimana dan apa saja dampak pengguna internet mari kita telusuri astu persatu. Dampak positif pengguna internet meliputi :
Melalu internet kita bias mengakses informasi apapun.Mungkin saja kita menjadi orang yang tidak lagi ketinggalan jaman. Wawasan kita bertambah atas segal informasi dan peristiwa yang trejadi di berbagai tempat.Informasi yang didapatpun tentunya lebih cepat dan lancer, jadi kita pengguna internet dapat merasakan kemudahan mendapatkan segala macam informasi tersebut.
Melalui internet kita bisa “memperkecil dunia”.Maksudnya kita sebgai pengguna internet akan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di manapun.Kita bisa menemui saudara, teman, kekasih bahkan orang yang sebelumnya tidak kita kenal.Dengan mempermudah komunikasi rasanya perbedaan jarak yang jauh tidak menjadi halangan lagi.
Melalui internet kita bisa menekan tarif telepon.kalau telepon jarak jauh (interlokal) dalam waktu yang relative lama dirasa mahal, tinggal kirim email atau chatting sepertinya akan lebih irit pengeluaran.Cukup menjadi alternative jika terif telepon naik.



Melalui internet atau lebih khususnya melalui e-commerce kita bisa mengiklankan usaha kita tanpa mengeluarkan uang banyak.Dengan iklan-iklan macam ini juga tentunya kesempatan usaha, dan lapangan kerja akan meningkat. Dnegan inipula pendapatan juga bisa jadi akan meningkat.
Internet juga bisa digunakan sebgai sarana pendidikan.Apalagi kalau bukan lewat e-learn. Buku-buku atau informasi berbau pendidikan seperti sejarah, geografi, biologi, dan sebgainya bisa kita dapatkan lewat internet.Guru atau dosenpun dengan menggunakan internet juga akan lebih mudah mneyebarkan modul pelajarannya atu menyebarkan informasi-informasi penting lain kepada anak didiknya.Termnasuk kemudahan kita dalam mencari bahan dan informasi untuk thesis, atau karya tulis.
Melalui internet pula daya intelektual dan motorik anaka juga akan meningkat. Ada fasilitas pendidikan di sana. Serta ada games sebgai permainan anak yang menyediakan berbagai macam bentuk, warna yang dapat meningkatkan imajinasi anak. atau games berupa petualangan, mengatur strategi atau permainan peran tentunya menambah perkembangan otak anak dalam melatih daya intelektual dan motoriknya.
Yang disebut di atas belum semua, masih banyak lagi dampak positif yang dirasakan pengguna internet.Tetapi kalau ada dampak positif tentunya ada dampak negatifnya. Dampak negative yang dirasakan pengguna internet antara lain Karena informasi apapun bisa kita dapat, kadang kita menganggap semua informasi di internet itu benar. Padahal informs itu belum tentu menyajikan sesuatu yang sifatnya fakta. Ada kan orang yang asal nulis, memfitnah orang dengan maksud dan tujuan tertentu.Jadi kita perlu berhati-hati dalam menyeleksi informasi yang kita dapat. Salah-slah informasi yang salah kita anggap benar, atau kita masukkan ke dalam makalah atau menjadi perbincangan kita sehari-hari.Kalau begitu sama saja kita ikut menyebarkan hal yang tidak benar juga kan.Kalau kita bisa bertemu dengan siapa saja lewat internet, bisa saja kita juga bertemu penipu-penipu yang menggunakan identitas atau foto palsu.Hati-hati saja dalam memilih teman melalui internet.
Internet memang menjadi alternative jika tarif telepon naik apalagi untuk berkomunikasi jarak jauh.Tapi bukannya itu menjadikan usaha operator telepon rugi ya.Ancaman ini perlu diperhatikan bagi pemilki operator telepon,seperti banyaknya operator telepon yang menyediakan jasa internet juga.Ya untuk memepertahankan hidup usahanya pastinya.
Hati-hati dnegan iklan.Internet juga banyak menampilkan iklan-iklan palsu lho.Yang ada kita ditipu.Sudah mengirim uang namun barang yang kita beli tidak juga sampai ke tangan kita. Rugi deh.
Ampuh sih untuk sarana pendidikan tapi kan hak milik seseorang kan harus dilindungi. Atau bisa juga kemufdahan ini disalahgunakan. Seperti budaya bagi beberapa mahasiswa (belum tahu banyak atau sedikit, takut salah tulis).Di internet kita bisa menmukan karya tulis, thesis, tugas akhir.Tidak amasalah kalau itu menjadi referensi, tetapi kalau teknik copy-pastenya muncul.Enak ya.Mudah banget bagi yang melakukan itu, tetapi bagi yang memilki karya tulis itu tentunya kaan sedih yang berkepanjangan.
Bagi anak-anak internet memang berguna, tetapi bagaiman jika anak-anak membuka situs yang belum boleh mereka lihat?bukankah itu berbahaya. Bisa-bisa anak jaman sekarang mengalami pendewasaan dini.Karena situs porno baik berupa gambar, video, atau ionformasi lain bisa dilihat sipapun. Selain itu bagi anak yang kecanduan games juga bisa bahaya.Sudah keasyikan lupa belajar akibatnya.Atau informasi berupa gambar, video, games juga banyak menampilkan kekerasan atau agresivitas yang tidak baik untuk perkembangan generasi penerus bangsa ini.
Hati-hati juga dengan kerahasiaan data diri kita lewat internet.Bisa dislahgunakan oleh tangan-tangan jail.Dari segi kejahatan tentunya makin marak saja setelah adanya internet.Bisanya disebut cyber crime, yaitu kejahatan melalui dunia maya, salah satunya lewat internet yang dilakukan oleh cyberfroud. Contohnya : Carding (belanja dengan nomor dan kartu identitas orang lain, yang diperoleh lewat internet dengan cara illegal tentunya); Hacking (yaitu menerobos program computer pihak lain dengan demikian bisa dnegan mudah merusak atau mencuri data orang lain); cracking (yang ini hacking untuk tujuan jahat, misalnya bisa mengintip simpanan nasabah di bank); defacing (mengubah situs web orang lain); phising (memancing pemakai computer di internet agar memberikan data pribadi atau kata sandinya); spamming (pengiriman pesan yang tidak dikehendaki, seperti informasi mendapat hadiah); ada pula malware (mencari kelemahan suatu software, misalnya menciptakan berbagai macam virus).
Dari segi kesehatan tentunya juga berpengaruh.Yang biasanya kita bepergian untuk menemui seseorang, membeli sesuatu, atau aktifitas lain. Dnegan internet kita hanya duduk di depan layar dan dnegan mudah kita bisa mendapatkan apa yang kita inginmkan. Jadi jarang bergerak akibatnya penyakit makin menumpuk.Selain itu bahaya penyakit yang ditimbulkan dari radiasi computer juga mengancam kesehatan mata dan saraf kita.Lagi-lagi informasi di atas hanya sebagian sedikit dari banyak dampak negative yang ditimbulkan jika kita menjadi pengguna internet.Mau tidak mau pengguna internet harus emnerima konsekuensi yang ditimbulkan. Seperti:
Konsekuensi utama kita sebagai pengguna internet yaitu harus rajin dan teliti dalam mendapatkan informasi.Jangan semua informasi yang kita dapat langsung kita masukkan ke telinga kita.Konsekuensi lainnya jangan heran jika kita banyak menemukan tukang tipu atau kita menjadi salahsatu korbannya.Maka dari itu waspada juga perlu.Hati-hati kecanduan ineternet!Karena uang yang kita gunakan juga akan banyak.Batasi pengeluaran lain deh untuk nongkrong di depan internet.
Konsekuensi lain yaitu terhadap hak milki kita.Siap-siap apa yang kita tulis, foto kita yang kita munculkan, tugas, dan lain-lain di copy orang lain.Bagi pemerintah menanggung beban lebih berat lagi. Karena pemerintah makin susah mengawasi penggunaan internet.Dari aksi pornografi, penipuan, perdagangan atau hal lainnya. Penyalahguanaan internet itu susah dilacak dan dicari pelakunya.
Bagi orang tua tentunya harus lebih perhatian dalam mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai tidak lebih pintar dari anaknya dalam penggunaan ionternet.Jadi orang tua dituntut untuk lebih pintar dan menajaga anaknya agar lebih bisa memanfaatkan internet dengan baik.Jangan piker identitas,privacy photo, atau kata sandi kita bersifat rahasia kalau sudah masuk internet. Intinya kita harus bisa menerima rahasia kita menjadi konsumsi public.



Ichwan ( 153.070.234 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar