Selasa, 05 Mei 2009

Koalisi : “Topeng Elite Politik”

Berdampak apakah koalisi antar partai bagi negara ini? Apakah iya menjamin dengan adanya koalisi antar partai tersebut dapat memajukan negara kita yang saat ini carut marut dalam segi ekonomi, keamanan, hubungan diplomatik, bahkan rasa kemanusiaan masyarakat kita sendiri.

Para jago-jago partai yang saat ini sibuk mencari pasangan atau partner untuk maju pada pemilihan presiden yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang dengan melakukan pendekatan-pendekatan partai satu dengan partai yang lainnya, seperti yang dilakukan Wiranto(salah satu capres dari partai politik) untuk menyempatkan singgah dikediaman Megawati Soekarno Putri demi membicarakan rencana koalisi yang akan dilakukan oleh masing-masing partai dari mereka. Ataupun JK (Jusuf Kalla) yang menggandeng SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) kembali pada pemilihan presiden mendatang. Padahal pada masa pemerintahan SBY dan JK, JK sering mengkritik kinerja pemerintahan yang dipipimpin oleh SBY dengan latar belakang beliau sebagai ketua umum partai Golkar, uang secara otomatis jika beliau mengkritik kinerja permerintahan SBY, maka beliau mengkritik dirinya sendiri yang menjabat sebagai wakil dari SBY.

Membangun koalisi pemerintahan yang solid memang bukan suatu yang mudah di era reformasi politik yang menganut sistem presidensial berpadu dengan system multi partai. Keefektifan dan stabilitas pemerintahan sulit untuk terjadi kecuali jika ada kesamaan visi dan misi dari partai-partai yang berkoalisi serta ada komitmen yang kuat dari para anggota kabinet dan para pendukungnya di parlemen untuk menjalankan visi dan misi itu. Jika tidak, walaupun ada kontrak politik untuk membangun koalisi permanen selama lima tahun, kontrak politik itu dapat saja dilanggar, baik oleh presiden, wakil presiden maupun oleh partai-partai yang berkoalisi.

Saya turut prihatin atas dengan apa yang terjadi calon-calon pemimpin negara kita ini saat, para jago-jago partai tersebut hanya menginginkan menjadi seorang Presiden, tanpa ada satu pun dari mereka mengalah untuk mendampingi untuk menggapai Indonesia yang lebih maju lagi.


Mikhael Resi Tripamungkas
153070220

Tidak ada komentar:

Posting Komentar